Unik View

Jumat, 05 Februari 2016

Uniknya Kasbah Ait Ben Haddou Maroko

                      Kasbah Ait Ben Haddaou


Kasbah adalah sekelompok bangunan tanah  dikelilingi  tembok tinggi yang merupakan habitat pra-Sahara tradisional Maroko selatan. Rumah-rumah kerumunan bersama-sama yang terbentuk dalam tembok pertahanan ini diperkuat oleh sudut menara.
Bangunan Kasbah Ait-Ben-Haddou lebih dikenal dengan Perkampungan atau Desa Kuno Maroko.Tempat ini berada di provinsi Ouarzazate sebagai contoh mencolok dari arsitektur Maroko selatan.

Dulunya kasbah adalah wilayah kampung atau desa yang dihuni masyarakat Suku Berber, masyarakat asli Maroko. Berdasarkan literatur yang ada, Suku Berber yang berasal dari Afrika bagian utara. Dalam perjalanan sejarahnya Suku Berber juga banyak dipengaruhi bangsa Arab yang datang ke Afrika dalam menyebarkan agama Islam.


Seiring berjalannya waktu, saat ini tidak semua kasbah atau perkampungan tua Suku Berber ini dihuni penduduknya.Sebab banyak fasilitas umumnya yang tak mampu memenuhi kebutuhan dari penduduknya seperti saluran air dan listrik.

Meski begitu,keindahan kasbah Ait Ben Haddou banyak dilirik turis dan produser film.Salah satunya produser film tersohor Hollywood.Tempat ini dijadikan tempat syuting beberapa film kolosal, antara lain: Sodom and Gomorah (1963), Marco Polo(1982), The Mummy (1999) termasuk Gladiator (2000) yang dibintangi Russel Crowe.
 Kereeenn kan.. mari berkunjung ke Kasbah Ait Ben Haddou,Maroko :)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar